11 Feb 2016

Part PC

Rakitan pc

Pemilihan motherboard/mobo
saya memilih mobo tipe B85 dari Vendor Gigabyte.Mobo yang saya pilih tipe GA-B85M-HD3 (rev 2.0) saya membeli mobo second/bekas pakai di toko jual beli online seharga 850 ribu rupiah.

figihsetyo

Mobo ini mendukung processor socket LGA 1150 bisa untuk proci celeron, pentium, core i3 sampai core i3 haswell series.
Pada Mobo ini terdapat dua slot ram ddr3, yang support dual channel 1600/1333 MHz.
Di Bagian I/O terdapat 2xUSB 3.0, 4xUSB 2.0, PS2 Keyboard&Mouse, VGA, HDMI, DVI, LAN, dan standart audio output.

figihsetyo
Pemilihan Processor a.k.a proci
pada tahap ini saya memilih pentium dual core, seri G3258 Anniversari Edition.
Saya membeli di toko jual beli online seharga 900ribu.
figihsetyo
Jangan menganggap remeh proci pentium ini, karena proci ini adalah versi unlocked alias bisa di O.C, kecepatan standard proci ini 3.2 GHz namun bisa di O.C dengan mudah ke 4.2 GHz dengan pendingin bawaan pabrik.
Meng OC proci ini dapat dilakukan dengan cara masuk ke bios dan pilih profil 4.2 GHz, maka secara otomatis akan berjalan pada clock tersebut.
proci ini sangat bertenaga pada single core, namun bila proses menggunakan multicore jangan berharap terlalu banyak.

Pemilihan PSU a.k.a Power Supply Unit
tahap ini saya menjatuhhkan pilihan ke produk FSP
saya memilih FSP HEXA+ 500watt saya membeli seharga 550 ribu
psu ini memenuhi standard efisiensi 80+, saya tidak begitu paham dengan psu

Pemilihan Harddisk (HDD)
pada tahap ini saya memilih HDD bukan SSD karena harga SSD masih cukup mahal bagi saya
HDD yang saya pilih 1TB seagate barracuda
Pemilihan VGA
sebenarnya saya bingung mau beli VGA apa yang sesuai dengan dana yang ada
saya kemudian memilih VGA tipe R7 250X iCooler 1GB dari vendor HIS
VGA ini saya beli di toko online seharga 1,2 jt, sebenarnya saya mau beli GTX 750ti karena harganya naik maka saya pilih VGA ini.

Pemilihan RAM
pada RAM saya masih mempunyai stok dari pc lama saya 2x2GB venomRX kalo gak salah merknya, mungkin nanti saya akan upgrade untuk kedepannya.

sekian dulu postingan saya kali ini, terimakasih!

140 character or less
EmoticonEmoticon